Menjadi luar biasa

Saya teringat pertemuan dengan seorang teman yang sudah lama tidak saya temui. Saat bertemu dengannya saya pun basa-basi bertanya "apa kabar?" dia dengan cepat menjawab "luar biasa!". Mendengar kata luar biasa, saya jadi tertarik untuk bertanya lebih lanjut "Oh, memangnya hari ini ada kejadian apa yang berbeda dari hari biasanya?" Dia menjawab "pertemuan kita itu luar biasa." Setelah itu kami berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai banyak hal.

Luar biasa telah menjadi sebuah kata-kata yang sering diucapkan orang-orang saat mereka bersemangat. Andrie Wongso motivator nomor satu di Indonesia menggunakan kata ini untuk membuat orang-orang termotivasi untuk menjadi seseorang yang luar biasa. Tak dapat dipungkiri lagi banyak orang yang setelah keluar dari seminar tersebut menjadi bersemangat untuk mencapai tujuan mereka. 

Setiap hari hidup kita dipenuhi dengan kejadian-kejadian yang bisa dibilang normal. Begitu normalnya sehingga sangat sulit untuk kita untuk keluar dari kenormalan itu dan menjadi luar biasa. Mungkin kita sering mendengar istilah comfort zone/zona nyaman yang berarti keadaan dimana kita terlepas dari kegelisahan, mampu melakukan performa terbaik tanpa perlu berusaha keras dan kita hampir tidak memiliki resiko untuk gagal.

Bagaimana kita mengukur comfort zone kita? Marcus Taylor seorang pengusaha menciptakan kalkulator untuk menghitung comfort zone kita di websitenya. Dalam website itu anda akan diminta untuk mengisi kuesioner dan setelah itu anda akan dapat melihat berapa skor dari comfort zone anda. Fungsi dari kalkulator ini adalah untuk memperlihatkan pada anda skor comfort zone anda dan membuat anda lebih sadar apa yang harus anda lakukan untuk keluar dari comfort zone tersebut. Untuk itulah Marcus Taylor memberikan banyak link pada akhir test untuk membantu anda melakukan hal yang anda ingin lakukan tetapi belum lakukan.

Melangkahi zona nyaman tentu bukanlah hal yang mudah. Kita yang sudah berkali-kali melakukannya sejak kita bayi dan merasakan manfaatnya pun masih saja kesulitan untuk keluar dari zona nyaman tersebut. Saat kita bayi kita lebih nyaman duduk daripada berdiri, namun kita keluar dari zona nyaman terus dan mencoba berdiri dengan kedua kaki kita yang saat itu masih kecil dan lemah. Kita terjatuh beberapa kali dan setelah beberapa kali percobaan akhirnya kita bisa berdiri.

Hal tersebut berulang lagi saat kita mau berjalan, saat kita mau masuk sekolah, saat kita mendekati calon pasangan kita, saat kita menyatakan cinta pada pasangan kita, dan seterusnya. Dan kita tahu bahwa setiap kali  kita melangkah keluar dari zona nyaman kita, terdapat kemungkinan untuk kita menjadi lebih bahagia dari sekarang.

Saat orang-orang dalam sebuah seminar motivasi ditanya "apakah anda mau lebih sukses dari sekarang?" atau "apakah anda ingin lebih kaya dari sekarang?" kebanyakan orang akan menjawab "IYA!". Sayangnya itu semua tidak benar. Kita tidak ingin menjadi lebih sukses, kita tidak ingin menjadi lebih kaya, yang kita inginkan adalah kenyamanan. Dan cara terbaik untuk nyaman adalah dengan tidak berubah.

Saya suka sekali dengan bagaimana Tung Desem Waringin dalam suatu seminar mengeluarkan sejumlah uang dan menunjukkannya kepada peserta seminarnya. Ia akan bertanya kepada pesertanya sambil menunjukkan uang tersebut "Siapa disini yang ingin menjadi lebih kaya?" Semua orang melihat dan mendengar pertanyaan tersebut segera mengangkat tangan mereka.

Ia melihat dengan senyum kepada seluruh penonton lalu sekali lagi ia bertanya sambil mengangkat uang tersebut dan bertanya kembali "Siapa di sini yang ingin menjadi lebih kaya?". Orang-orang masih mengangkat tangannya dan kini menjawab "Saya!!" dengan penuh semangat.

Lagi-lagi ia melirik pada peserta seminar yang berjumlah ratusan tersebut. Ia tersenyum dan kembali bertanya "siapa di sini yang ingin menjadi lebih kaya, sekarang!?" Saat itu terlihat seseorang berdiri dari tempat duduknya. Ia tergesa-gesa maju ke depan panggung menuju ke arah pembicara. Motifnya cukup jelas, ia ingin meminta uang tersebut dari sang pembicara. Dan ia tidak sendiri beberapa anak muda berdiri dari belakang dan berlari ke depan. Anak muda tersebut memang terlambat namun ia tanpa basa-basi merebut uang tersebut dari tangan pembicara. TDW pun tersenyum dan meminta penonton memberikan tepuk tangan pada pemuda tersebut.

Ilustrasi yang diberikan di atas merupakan ilustrasi luar biasa yang bisa menggambarkan bagaimana kita yang berkata ingin sukses tidak ingin keluar dari comfort zone kita untuk melakukan hal yang tidak biasa kita lakukan. Kita terikat untuk duduk di bangku kita yang nyaman sambil melihat orang lain menyambut kesempatan yang datang. Kita bahkan mungkin melihat hal tersebut dan mengetahui aksi apa yang harus kita lakukan untuk menjadi lebih sukses saat itu juga dan kita tidak melakukannya karena kita tidak nyaman untuk berdiri dari bangku kita dan bergerak untuk mengambil kesempatan di depan kita.

Cara untuk menjadi luar biasa sebenarnya gampang-gampang sulit. Untuk menjadi luar biasa kita perlu mengetahui kebiasaan kita. Untuk ada tool seperti kalkulator milik Marcus Taylor yang bisa digunakan untuk melihat apa yang kita ingin lakukan namun belum kita lakukan dan apa yang saja yang sudah pernah kita lakukan. Dengan mengetahui kebiasaan kita dan tujuan kita, kita dapat melakukan action plan yaitu perencanaan akan strategi yang perlu kita terapkan untuk mencapai tujuan kita.

Saat melakukan strategi kita akan melihat banyaknya hal yang tidak biasa kita lakukan yang harus kita lakukan untuk mencapai goal tersebut. Anggaplah goal anda adalah memiliki penghasilan yang lebih tinggi. Anda tahu bahwa mengambil gelar seperti CFA atau yang lainnya tergantung profesi anda akan membantu anda mencapai hal tersebut. Anda mungkin tidak biasa untuk keluar dan belajar lagi, apalagi setelah belajar di kelas sejak kecil sampai dewasa. Masak sekarang masuk kelas dan belajar lagi.

Saat anda merasa bahwa mengambil gelar tambahan merupakan hal yang penting bagi pencapaian goal anda dan anda mengambil keputusan untuk melakukannya. Maka anda telah menjadi luar biasa. Saat anda melakukan hal yang berada di luar zona nyaman anda, maka anda telah menjadi luar biasa. Anda tidak perlu berteriak luar biasa setiap hari, karena bila anda setiap hari berteriak luar biasa, maka berteriak luar biasa tersebut menjadi hal biasa.

Saya akan menceritakan bagaimana menjadi luar biasa dan mengapa kita belum menjadi luar biasa lalu mengapa kita perlu untuk menjadi luar biasa di artikel berikutnya. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review