10 buku mengenai hipnotis yang direkomendasikan. [H.A.F.Q 3]

Terdapat ratusan buku di toko buku. Mana yang sebaiknya saya baca? Apakah semua buku membahas hal yang sama? Disini saya akan membagikan beberapa buku yang menurut saya sangat bagus untuk dibaca baik anda adalah pemula dalam hypnosis maupun seorang hypnotist yang sudah berpengalaman.

1. Hypnotherapy -- Dave Elman
Sebuah klasik yang merupakan buku favorit saya. Dan menurut saya jika kita hanya boleh membaca 1 buku mengenai hypnosis, hanya 1 dan tidak boleh lebih. Maka buku yang saya akan pilih adalah buku Dave Elman ini. Buku ini berisi penjelasan yang sangat baik mengenai hypnosis, selain itu juga berisi beberapa transkrip kasus yang ditangani Elman selama hidupnya. Saya dapat katakan buku ini adalah a must read for serious hypnotist practitioner.

2. Hypnosis and Hypnotherapy -- Cal D Banyan & Gerald F Kein
Dari berbagai buku hypnosis yang beredar dipasaran saya dapat katakan buku ini adalah buku yang paling tepat menjadi pocket book bagi seorang hypnotist. Dalam buku ini terdapat semua yang anda perlukan untuk menjadi seorang hypnotherapist. Mulai dari intake interview, pre-talk, eliminating fear, desain kantor, induksi yang digunakan, dan teknik-teknik terapi yang universal. Tidak salah lagi buku ini merupakan buku terbaik yang menggunakan pendekatan How-To atau Step-to-step sehingga pembaca dapat langsung mempraktekkan isi buku tersebut dengan mantap.

3. Transforming Therapy -- Gil Boyne
Buku ini menjadi salah satu best seller dari Westwood publishing yang memproduksi buku-buku hypnosis yang berkualitas tinggi. Buku ini bukan buku untuk pemula, buku ini merupakan referensi yang luar biasa bagi hypnotherapist karena berisi kasus-kasus yang ditangani oleh Gil Boyne di kelasnya.

4. Regression Hypnotherapy -- Randal Churchill
Tidak salah lagi kalau regresi merupakan teknik yang benar-benar penting dalam hypnotherapy. Randal Churchill berhasil memadukan teknik regresi dan gestalt dengan sangat baik, dan kita dapat melihat bagaimana ia melakukannya di buku ini. Jika anda seorang terapis yang sering menggunakan regresi sebagai alat terapi maka buku ini merupakan buku yang harus dibaca.

5. The secret languange of feeling -- Cal D Banyan
Lagi-lagi Cal Banyan menulis sebuah buku yang hebat. Buku ini menjelaskan mengenai perasaan yang kita rasakan. Ide bahwa perasaan merupakan sebuah sinyal bagi diri kita dan bagaimana setiap perasaan mewakili hal yang berbeda sangat menarik untuk dipelajari. Selain itu Cal dalam bukunya ini mengajari kita teknik terapi yang dapat dengan mudah kita lakukan untuk merespon pada perasaan-perasaan yang kita rasakan. Merupakan buku yang menarik untuk dibaca.

6. The Art of Enjoying Life -- Teddy P Yuliawan
Buku dari trainer Indonesia ini merupakan buku NLP yang dapat dinikmati oleh banyak orang. Buku ini menurut saya telah berhasil menjelaskan NLP dengan cara yang sangat sederhana sehingga mudah dimengerti oleh banyak orang. Baik anda seorang licensed Practitioner atau hanya sekedar baca-baca untuk menambah pengetahuan. Meskipun ini adalah buku NLP, banyak teknik dan isi dari buku ini yang dapat menjadi alat untuk terapi hypnosis.

7. The New Encyclopedia of Stage Hypnotism -- Ormond McGill
Stage Hypnotism merupakan salah satu topik yang digemari orang yang baru belajar hypnosis. Dan jika mengatakan tentang stage maka kita tidak akan bisa kabur dari Ormond yang merupakan ahlinya stage hypnotist di dunia. Buku ini berisi pandangan ia mengenai hypnosis dan routine/permainan yang sering ia lakukan beserta cara mempresentasikannya, dan juga termasuk tata panggung dan cara menjual diri kita sebagai stage hypnotist. Buku ini merupakan wajib baca bahkan bila anda tidak ingin menjadi stage hypnotist.

8. Dahsyatnya Hypnosis -- Willy Wong
Buku Indonesia yang menjelaskan hypnosis dengan sangat rapi dan dikemas dalam bentuk yang menarik untuk dibaca. Buku ini menjelaskan hypnosis dan proses hypnosis dengan sangat tersusun dan jelas sehingga dapat membuat orang tertarik untuk mencoba hypnosis dan bahkan melakukan praktek hypnosis. Buku ini mungkin bisa dibilang rangkuman dari materi pelatihan Hypnosis 1 atau 2 hari di Indonesia.

9. Hypnosis, Hypnotherapy -- Adi W Gunawan
Merupakan buku hypnosis berbahasa Indonesia yang pertama kali saya baca, yang menurut saya kedua buku dari Pak Adi berhasil memperkenalkan hypnosis dan hypnotherapy yang ilmiah kepada masyarakat Indonesia. Dalam buku ini ia juga menjelaskan model of mind, guna hypnosis, dan cara melakukan beberapa teknik hypnosis yang sederhana.

10. SuperPower Mindfulness -- Ajahn Brahm
Buku ini bukan merupakan buku hypnosis melainkan buku mengenai meditasi. Buku ini menjelaskan mengenai meditasi dan tahapan-tahapan dan kendala-kendala yang terjadi pada meditasi sesuai dengan pengalaman si penulis. Meditasi sekarang ini semakin berkembang di negara barat. Mempelajari meditasi dan juga mengajari klien untuk melakukan meditasi dapat menjadi sebuah alat terapi yang luar biasa.


Sekilas 10 buku yang saya rekomendasikan untuk dibaca. Beberapa buku diatas mungkin tidak bisa ditemui di Indonesia, Anda bisa mencarinya menggunakan Ebay atau Amazon atau membelinya langsung di penerbitnya.

note: Semua buku diatas tidak disusun berdasarkan peringkat atau semacamnya. Itu disusun berdasarkan ingatan saya saat mengetik artikel ini.

Bila ada kesalahan kata-kata saya minta maaf.

Windalfin CHt

3 comments:

Anonymous said...

buku2 ini bisa di dapat dimana mas?
thanks

Win said...

Buku-buku ini beberapa dapat dibeli di toko buku Gramedia. Sisanya yang berbahasa inggris lagi bisa dibeli di Amazon. Saya pribadi membeli bukunya dari publishernya Westwood publishing dan Cal Banyan.

Link:
http://www.hypnosiscenter.com/products.htm
http://westwoodpublishingco.com/

Salam,
Windalfin CH

Adi W Gunawan mp3 said...

Pak Adi W Gunawan memang seorang hynotherapi yang handal.. Saya sudah sering mendapatkan dampak positif dari nya.. Saya lebih menganjurkan pak Adi W Gunawan karena pak Adi memang orang yang ahli dan juga seorang Indonesia asli. Dimana untuk konsultasi dan komunikasi juga akan semakin gampang..

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review