Hipnoterapi: Apa, Mengapa, Bagaimana?

Saya sedang duduk di kafe sambil ngobrol dengan teman. Seperti biasa demi mempromosikan praktek saya, maka saya secara sengaja menyinggung tentang praktik hipnosis dan hipnoterapi dalam pembicaraan. Saat itu tidak ada yang bertanya mengenai hipnosis karena memang saat itu kami sedang rapat.

Begitu rapat selesai, seorang teman bertanya kepada saya sebuah pertanyaan yang sering saya dengar saat saya mengatakan profesi saya. "Hipnoterapi itu apaan yah? ngapain aja? gunanya apa?" Pertanyaan lanjutannya biasanya "Apa bedanyan dengan hipnotis?".

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kata hipnotis telah menjadi sebuah kata yang sangat populer khususnya dengan banyaknya acara tv yang mempopulerkan hipnotis tersebut. Yang perlu disayangkan adalah kurangnya aksi dari para hipnotis tersebut untuk memberitahu apa itu hipnotis sebenarnya. Tentunya hal ini harus dimaklumkan karena mereka adalah entertainer.

Untuk mempermudah pemahaman saya sarankan anda membaca terlebih dahulu artikel saya sebelumnya mengenai "Apa itu hipnotis?". Anda bisa mengklik link tersebut dan membaca artikel tersebut untuk mengetahui secara kasar apa sebenarnya hipnosis itu.

Lalu anda sudah mengetahui kira-kira apa itu hipnotis. Sekarang hipnoterapis itu apa? Meminjam definisi dari
The U.S. (Department of Labor) Directory of Occupational Titles (D.O.T. 079.157.010). 

"Hipnoterapis bekerja dengan menginduksi klien untuk meningkatkan motivasi atau mengubah kebiasaan menggunakan hipnosis. Berbicara dengan klien untuk mengetahui basis dari masalah klien. Menyiapkan klien untuk memasuki kondisi hipnosis dengan menjelaskan bagaimana cara kerja hipnosis dan pengalaman apa yang akan klien jalani nantinya. Mengetes klien untuk mengetahui tingkat sugestibilitas fisik dan emosional mereka. Menginduksi klien ke dalam keadaan hipnosis dengan teknik tertentu yang didasarkan pada interpretasi hail tes dan analisis dari masalah yang dihadapi klien. Dan bisa juga melatih klien untuk menghipnosis diri mereka sendiri."

Definisi diatas juga merupakan kutipan dari definisi hypnotherapist menurut George Kappas pendiri Hypnosis Motivation Institute. Lebih mudahnya bisa dibilang hipnoterapi adalah sebuah pendekatan terapi yang menggunakan fenomena hipnosis untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi seseorang.

Hipnoterapi memiliki banyak kegunaan yang sudah saya bahas di "Apa yang dapat ditangani dengan hypnosis?'. Yang perlu saya ingatkan adalah bahwa hipnoterapi bukanlah sebuah pil sihir yang dapat menyembuhkan seluruh masalah yang ada.

Seorang hipnoterapis yang baik akan menyadari bahwa tidak semua masalah dapat diselesaikan hanya dengan menggunakan metode hipnosis. Dental hypnotherapy atau hipnoterapi untuk pengobatan gigi tidak dilakukan dengan menidurkan pasien dan memberikan sugesti agar gigi pasien menjadi sehat dan lubang giginya menghilang. Dokter gigi menggunakan hipnosis untuk memberikan efek analgesia (menghilangkan rasa sakit) sehingga mempermudah operasi selanjutnya.

Saya sangat menyarankan baik klien maupun hipnoterapis untuk bekerja sama dengan dokter, psikolog dan juga psikiater untuk mencapai goal yang diharapkan. Hal ini sangat penting terutama untuk kasus yang bersifat klinis. Seorang hipnoterapis yang tidak ahli dalam menangani ADHD misalnya sebaiknya mereferensikan kliennya pada mereka yang memang ahli dalam menangani ADHD.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review