Gimana cara hipnotis anak kecil??

Bagaimana menghipnotis anak-anak? Apakah anak-anak dapat di hipnotis? Gimana cara induksinya? Apa yang harus saya lakukan?


Tulisan ini berisi jawaban singkat pada pertanyaan mengenai hipnosis pada anak-anak. Untuk jawaban lebih lengkapnya baik sekali untuk membaca buku pak Adi W Gunawan Hypnotherapy for Children. Yang membahas konsep dibalik teknik yang saya paparkan disini. 
Praktek hipnosis anak-anak sedikit berbeda dengan praktek hipnosis pada orang dewasa. Dalam melakukan praktek hipnosis pada orang dewasa biasanya kita memberikan instruksi baik secara authoritative ataupun permissive demi menembus Critical Area mereka. Sedangkan dengan anak-anak yang critical area masih belum terbentuk seperti orang dewasa. Kita hampir tidak memerlukan induksi sama sekali. 

Lho kalau gak perlu induksi terus gimana donk mau hipnotis mereka? nah berhubung seringnya orang bertanya pada saya step-to-step cara menghipnosis anak-anak maka saya sempat membuat sebuah skrip yang tentunya asal-asalan alias ala rock and roll. yang saya taruh dibawah post ini. Tentunya rekan-rekan practitioner NLP yang membaca bisa membantu mengkrack skripnya dan malah membantu membuatnya menjadi lebih baik. Berikut skrip untuk melakukan hipnosis dengan anak-anak:

Nah sebelum anda membaca skrip yang saya ketik dibawah, saya berikan dulu step by step cara agak ini lebih mudah berhasil:
1. Building Rapport. 
2. Building Rapport
3. Building Rapport 
4. Selanjutnya terserah anda!


"Yok kita main pura-pura. pernah main pura-pura kan? jadi nanti kalau saya bilang tutup mata dan gak bisa dibuka, adek pura-pura yah kalau itu beneran gak bisa dibuka. oke?

Yok, tutup mata. sekarang pura-pura matanya saya kunci nih klik. nah udah dikunci, jadinya gak bisa dibuka. Ayok pura-pura matanya gak bisa dibuka, pura-pura mau buka mata dan pura-pura matanya gak bisa dibuka sama sekali. Saking jago pura-puranya sekarang udah kayak beneran gak bisa dibuka. (cek matanya biasanya sudah terjadi REM)

Yok sekarang kita lagi naik roket nih terbang ke langit. Injek gasnya syuungg terbang ke langit. udah terbang tinggi. awas ada bintang ayok belok kanan. Iya terus banyak tuh bintangnya ayok hindarin semua. sambil mengendarai roket sambil dengerin saya ngomong.

Ayok jadi rajin nih belajarnya, belajar itu enak, Budi pasti senang sekali kalau belajar bla bla bla bla [berikan sugesti].

Iya ayok sekarang udah bisa buka mata. asikkan mainnya??"



Note: Bagi anda yang terapis, sangat penting untuk mempelajari psikologi anak lebih lanjut, karena kebanyakan masalah pada anak sering bermula dari orang tua sehingga biasanya orang tuanya juga perlu di terapi atau di re-edukasi. 



Windalfin CHConsultant Hypnotist

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review