Emotional Freedom Technique (contoh untuk kasus merokok)

EFT atau Emotional Freedom Technique merupakan sebuah teknik psikoterapi alternatif yang memanipulasi energi dari tubuh dengan menggunakan tapping pada acupuncture point (titik akupuntur).

Teknik EFT ini memiliki banyak cabang seperti SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) yang menambahkan faktor Spiritual dalam EFT. Semuanya didasarkan oleh teknik EFT ini, saya sendiri dalam pelatihan saya membahas sedikit mengenai EFT dan bagaimana penggunaan EFT di perkuat dengan hypnosis sehingga lebih efektif, ini dapat dikategorikan sebagai waking hypnosis (hypnosis tanpa induksi formal).

Berikut adalah sebuah video youtube yang memperlihatkan penggunaan EFT dalam menangani keinginan untuk merokok:

http://www.youtube.com/watch?v=zVyEr1W_XPs

Langkah2 EFT:
1. Persiapan
- Pikirkan masalah anda, misalnya dalam kasus merokok berarti seberapa anda
ingin merokok sekarang, antara 1 sampai 10.
- Jawab pertanyaan berikut
1. Sudah berapa lama anda merokok
2. bagaimana kualitas hidup anda selama anda merokok
3. apa kerugian telah anda alami mempertahankan kebiasaan ini. (minimal 5)
4. apa kerugian akan anda alami bila tetap merokok. (minimal 5)
5. bayangkan semua pengaruh negatif tersebut telah mengganggu hidup
anda selama ini.
6. Putuskan dengan sungguh2 untu melepas emosi ingin merokok ini.
7. Tulis minimal 5 keuntungan bila menghentikan kebiasaan
8. bayangkan dan rasakan pengaruh positif yg anda tulis seakan-akan telah
terjadi di hidup anda.

2. Set up
- Baca afirmasi sebanyak 3 kali sambil menurut [I]tender spot[/I] di dada.
pilih salah satu kiri atau kanan.
- sambil mengurut katakan
"meskipun saya merokok, saya menerima dan menghargai diri saya seutuhnya dan memutuskan untuk melepaskan semua keinginan negatif ini sekarang dan sekaligus demi kebaikan dan kemajuan hidup saya"
- dalam SEFT anda bisa menambahkan faktor Tuhan (Allah) sehingga menjadi
"Ya Tuhan (Allah), meskipun saya merokok, saya menerima dan menghargai diri saya seutuhnya dan memutuskan untuk melepas semua keinginan negatif ini sekaran dan sekaligus demi kebaikan dan kemajuan hidup saya. Saya yakin dan percaya, berkat kemurahan dan anugerah, dan kekuatan yang Engkau limpahkan kepadaku, semua masalah ini berhasil saya atasi dengan cepat, mudah dan permanen."

3. Sekuens
- sambil mengikuti cara tapping video diatas, anda katakan "keinginan merokok".
- Seperti video, sambil tapping "Gammut Point" lakukan:
1. Pejamkan mata
2. Buka mata
3. Lirik ke kanan bawah, (keras)
4. Lirik ke kiri bawah (keras
5. putar mata searah jarum jam satu kali dengan hidung sebagai poros
6. Putar mata berlawanan jarum jam satu kali dengan hidung sbg poros
7. bergumam lagu "Happy Birthday" selama tiga detik (mata lurus kedepan)
8. Hitung dengan cepat 1, 2, 3, 4, 5
9. Bergumam lagu "Happy birthday" selama tiga detik (mata lurus kedepan)

4. Ulangi tahap 3 sekali lagi.

5. Setelah selesai tahap 1 sampai 4, tanyakan pada diri anda
- Bagaimana perasaan anda saat ini? sudah lebih baik atau sama saja?
- apakah ada penurunan intensitas keinginan?
- kalau ada, sekarang turun ke skala berapa?

6. Jika belum sisa 1 - 2 atau 0 Ulangi kembali tahap 1 sampai 5. dengan mengganti afirmasi menjadi
"meskipun masih ada sisa keinginan untuk merokok, saya menerima dan menghargai diri saya seutuhnya dan memutuskan untuk melepaskan semua emosi negatif ini sekarang dan sekaligus demi kebaikan dan kemajuan hidup saya,"

dan afirmasi saat tapping "sisa keinginan merokok"


7. Jika sisa 2 atau 1 tidak perlu mengulangi tahap 1 sampai 5 lagi. cukup lakukan
- Arahkan wajah lurus kedepan, tidak bergerak
- ketuk titik gammut terus menerus (tanpa kata kata)
- Hitung 1 , mata menatap lantai
- hitung 2 , mata mulai naik
- Hitung 3, mata semakin naik (tatapan ke depan)
- hitung 4, mata semakin naik
- Hitung 5, mata menatap atas/plafon.
Proses ini dapat diulangi sampai skala turun ke 0.

Teknik ini juga dapat dicampurkan dengan hypnosis untuk meningkatkan efektivitasnya. Karena memang terkadang masalahnya belum diselesaikan makanya keinginan kembali terus, untuk menangani masalah itu, ada baiknya anda mendatangi terapis yang ahli dan sudah terlatih dengan baik untuk meminta bantuan di terapi.

Untuk lebih jelas mengenai meridian point silakan lihat gambar disini






































Terima kasih,
Windalfin CHt

1 comments:

TinyElf Shop said...

bgs bgt =) saia dah ngeliat sendiri cara kyk gini berhasil lho. kmaren itu kasus nya terhadap saudara sy yang takut sm hewan guguk...
setelah terapi bbrp x, ketakutan dy jd berkurang

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review