10 minute meditation

Meditasi jelas memiliki manfaat yang luar biasa bagi kondisi pikiran kita. Pikiran manusia terdiri dari sistem parasympathetic yang meregulasi detak jantung, nafas dan gerakan-gerakan dari banyak otot yang tidak kita sadari. Lalu ada juga sistem sympathetic yang merangsang tubuh dan menyiapkan ia untuk sebuah kegiatan.

NIH (National Institutes of Health) menyatakan bahwa meditasi mampu menurunkan fungsi sistem sympathetic dan meningkatkan fungsi parasympathetic, alhasil tubuh kita jadi tidak mudah terangsang/terpengaruh oleh kondisi luar dan menjadi semakin rileks.

Saat berbagi mengenai meditasi dalam sebuah sesi sharing dengan mahasiswa, saya mendapat pertanyaan "berapa lama sih saya harus bermeditasi setiap harinya dan apa yang harus saya persiapkan untuk meditasi?" Tentunya tidak ada batas waktu untuk bermeditasi, kita dapat bermeditasi selama satu jam atau hanya 5 menit. 

Saya sendiri menyarankan bagi kita yang sibuk setiap hari untuk mengambil 10 menit waktu kita untuk bermeditasi setiap paginya. Beberapa yang harus kita lakukan adalah 

  1. Pindah dari ruang tidur, saat kita berada di kamar tidur kita masih terasosiasi dengan kegiatan tidur. 
  2. Siapkan tempat yang nyaman untuk duduk, pastikan di sana anda bisa duduk dengan punggung yang tegak
  3. Cabut kabel telepon, matikan handphone, pastikan anda tidak akan terganggu selama 10 menit
  4. Gunakan timer/weker untuk membantu anda mengukur waktu, dengan ini anda tidak perlu melirik sudah berapa lama anda  bermeditasi
Dengan persiapan ini anda pun sudah siap bermeditasi. Sekarang langkah-langkah meditasi sederhana yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kinerja anda hari ini adalah:

  1. Tarik nafas yang dalam dan keluarkan, fokus kepada nafas tersebut. Lakukan nafas dalam ini sebanyak 3 kali. 
  2. Rasakan seluruh tubuh anda, rasakan bagaimana posisi anda, bila kurang nyaman silakan geser sampai nyaman. 
  3. Sekali lagi rasakan seluruh tubuh anda dan rasakan bilamana ada bagian tubuh yang masih sedikit tegang, biarkan mereka menjadi rileks dan tenang. 
  4. Katakan pada diri anda "Saya akan masuk ke dalam meditasi yang tenang selama 10 menit"
  5. Sadari diri anda berada di kekinian, sadari segala sesuatu yang terjadi di tubuh anda, sadari nafas anda, gerakan mata anda, detak jantung anda, pantat anda yang menempel ke tempat duduk anda, udara di sekitar anda. 
  6. Fokuskan diri anda ke nafas anda, bilamana fokus anda lari, dengan cepat kembalilah ke nafas anda. 
  7. lakukan hal ini sampai weker anda berbunyi, anda cukup menikmati saat hening ini. Segala sesuatu yang terjadi di sekitar anda biarkan mereka membawa anda semakin nyaman. 
Setelah anda selesai anda boleh berikan waktu 20 detik untuk merasakan tubuh anda yang menjadi ringan, nyaman dan rileks. Dan anda pun siap melakukan aktivitas sehari-hari anda. 


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review