Bagaimana melakukan Induksi cepat

Seorang hypnotist berdiri diatas panggung memegang pundak seseorang, sambil tersenyum ia pun menatap orang yang duduk didepannya dan menyuruhnya untuk melihat matanya, lalu dengan lantang ia berteriak "TIDUR!!", dalam sepersekian detik, orang itu langsung menutup matanya dan terkulai lemas seakan-akan ia tertidur.


fenomena diatas sangat umum sekali terjadi di kegiatan hypnosis panggung, begitu mudahnya terjadi sehingga banyak penonton yang takjub dengan kehebatan ini menjadi tertarik untuk mempelajari hypnosis karena melihat kedahsyatan si performer diatas panggung.

Jadi bagaimana induksi cepat itu terjadi? Induksi cepat pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan induksi biasa hanya lebih cepat saja, induksi cepat biasanya menggunakan waktu sekitar 1 sampai 4 menit untuk mencapai Somnambulism.

John Cerbone adalah salah seorang yang mempopulerkan speed trance induction, yaitu sebuah induksi yang membawa seseorang sampai ke kedalaman hypnosis yang cukup untuk melakukan efek hypnosis yang diperlukan. Salah satu induksi cepat yang terkenal dibuat olehnya adalah "cerbone butterfly induction" atau induksi kupu-kupu. Induksi ini dilakukan dengan membuat satu tangan kita seolah-olah seekor kupu-kupu dan menggerakkannya dengan gerakan huruf 'T' Terbalik dan tangan satunya lagi memegang tangan klien, dan dengan tiba-tiba anda mengatakan "tidur!" diikuti dengan menarik tangan klien (dilakukan dengan sangat cepat dan hampir bersamaan) setelah itu menggunakan tangan anda untuk menggerakkan kepalanya, dan melakukan Deepening dengan cepat. untuk lebih jelasnya silakan lihat di http://www.youtube.com/watch?v=EdoMCIPwpAg

Sekarang mari kita bedah induksi cepat tersebut, saat kita melihat-lihat induksi klasik seperti progressive relaxation dan eye fixation dan sebagainya, yang biasanya memakan waktu sekitar 20 menit sampai 40 menit untuk melakukan induksi, induksi tersebut sebaiknya dilakukan hanya ketika client memang ingin relaksasi saja, jika anda melakukan hal tersebut didepan panggung maka mungkin anda akan mengalami 2 hal, antara penonton ikutan tertidur atau penontonnya sudah tidak ada saat anda mau memberi sugesti. Apa yang membedakan antara speed trance induction dengan induksi klasik yang saya sebutkan diatas adalah waktu yang digunakan.

Jika kita menggunakan PR (Progressive Relaxation), biasanya kita akan merelakskan bagian tubuh satu per satu dari atas kepala sampai bawah kali atau kebalikannya. Sedangkan saat menggunakan speed trance induction daripada kita melakukannya satu persatu dari atas kepala, maka disini kita menggrupkan bagian tubuh ke bagian yang lebih besar, misalnya daripada menggunakan hidung, pipi, mulut, mata,dan otot-otot wajah, lebih baik kita ganti dengan kepala dan otot-otot wajah. Atau jika ingin lebih cepat lagi anda cukup mengatakan "rilekskan seluruh tubuh anda dari atas kepala sampai bawah kaki!" setelah itu lanjutkan dengan deepening dengan cepat.

Salah satu kesalahan pemula dalam melakukan speed induction adalah saat anda berteriak tidur dan orang tersebut menutup matanya dan terkulai, anda terkejut dan lupa memberikan deepening, alhasil si klien membuka matanya lagi dan bertindak seakan-akan ia tidak berhasil di induksi. Untuk itu saya memberikan saran saat melakukan induksi cepat anda sebaiknya percaya diri, dan setelah anda mengatakan tidur, langsung lanjutkan dengan deepening, jika anda mengatakan tidur dan klien tidak menutup matanya maka berikanlah sugesti "tutup mata anda, dan anda masuk ke relaksasi yang mendalam".

Saya akan memberikan proses induksi cepat (Cerbone butterfly version) dibawah ini:
1. Lakukan Pre-Talk dengan benar (sangat penting)
2. pegang tangannya dengan satu tangan, dan menggunakan tangan lainnya untuk meniru kupu-kupu yang sedang terbang didepan mata mereka.
3. tarik tangan mereka dan katakan "TIDUR!!" dengan nada memerintah.
4. lakukan deepening.

silakan berlatih, dan maaf bila ada kesalahan kata-kata.

salam,
windalfin

3 comments:

Anonymous said...

thank's bakal dicoba ni

Anonymous said...

Pengen belajar hypnotist khususnya hypnoterapi buat pengobatan...sebaiknya gimana Gan?

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review