Mengenal Bahasa Cinta

Tahukan anda apa yang paling dibutuhkan oleh seorang manusia? saat pertanyaan ini ditanyakan rata-rata wanita akan mengatakan cinta sebagai hal yang paling penting didunia ini. Beberapa pria mengatakan pengakuan atau respect (hormat) sebagai hal yang paling penting bagi mereka.

Jelas cinta merupakan hal yang penting bagi manusia. begitu pula dengan pengakuan dan hormat. Namun, hal yang paling penting bagi manusia tentunya setelah kebutuhan fisiknya merupakan keamanan (security). Manusia memerlukan sebuah tingkat keamanan diri yang cukup sebelum memerlukan cinta. dalam Maslow Hierarcy of needs dimana kebutuhan manusia dibagi menjadi 5 yaitu



Terlihat bahwa human needs setelah kebutuhan tubuh adalah keamanan. Manusia biasanya sejak dilahirkan mendapatkan keamanan dari cinta, penerimaan dan penghargaan dari orang tua dan lingkungan sekitarnya. Jika seseorang tidak mendapatkan cinta, penerimaan atau penghargaan dari orang lain maka orang itu mungkin akan merasakan kehilangan rasa aman yang didapatkannya saat mereka memiliki hal-hal tersebut. Mereka akan merasa takut kehilangan teman-teman mereka, group mereka, dan keluarga mereka. untuk itu orang kadang akan mencari perhatian dengan cara mencari perhatian orang lain dari situlah perbuatan-perbuatan buruk demi mencari perhatian kadang muncul pada seseorang. hal ini tentunya juga berlaku untuk beberapa kasus lain yang kadang sering dihadapi dalam bidang psikologis. namun, untuk kali ini kita hanya berfokus pada masalah keperluan akan cinta.

Teori Tangki Cinta

Tangki cinta dengan mudah dapat dianalogikan seperti tangki air yang kita pakai sehari-hari untuk menyimpan air keperluan rumah tangga kita. Setiap saat air tersebut akan dipakai untuk keperluan tertentu dan bila air tersebut sudah sampai tahap tertentu maka harus diisi lagi agar tidak kosong. karena jika tangki air tersebut kosong maka akan sulit mencari air untuk dipakai dirumah tangga. Sama dengan tangki cinta manusia, jika tangki cinta manusia kosong maka manusia akan mengalami kekurangan energi psikis untuk hidup dengan baik.

Seseorang dapat memiliki lebih dari satu tangki cinta. seorang anak-anak memiliki 2 tangki cinta yaitu tangki cinta ayah dan tangki cinta ibu. saat ia menjadi besar dia mungkin akan menambah tangki cinta dari kekasih dan teman. saat ia sudah menikah akan ada tangki cinta dari pasangan hidup mereka. saat mereka memiliki anak akan ada tangki cinta dari anak mereka.

    Tangki cinta seseorang berkurang seraya mereka hidup. kadang2 juga terjadi kebocoran pada tangki cinta misalnya saat terjadi perkelahian, adu mulut, malu, merasa tidak disayang, atau diejek. perlakuan buruk terhadap seseorang akan membocorkan tangki cintanya. dan jika tangki tersebut bocor maka akan lebih cepat habis, untuk itu harus segera diisi lagi jika masih ingin mempertahankan hubungan dengan mereka.

    Setiap perbuatan yang memberikan cinta pada seseorang akan mengisi tangki cinta orang tersebut. Gary Chapman dalam bukunya menyatakan bahwa didunia ini dalam menjalani hubungan terdapat 5 bahasa cinta dan setiap orang memiliki bahasa cinta yang dominan bagi mereka. berikut adalah kelima bahasa cinta tersebut:

1. Waktu yang berkualitas: Tentunya waktu yang berkualitas juga harus disertai kuantitas juga.
2. kata-kata positif atau pujian: pujian haruslah tulus dan spesifik. mengatakan bagus atau hebat saja tidak cukup. berikan pujian spesifik atas usaha dan keberhasilan dia.
3. Sentuhan fisik: pelukan, belaian, rangkulan. tergantung orangnya.
4. Pelayanan: membantu mengambilkan makanan, mencucikan piring, membuatkan teh (bukan kopi karena preferensi penulis  ) memberikan layanan-layanan kecil dalam batas yang wajar.
5. Pemberian hadiah: bukan berarti kita memberikan barang-barang mahal. melainkan dengan memberikan barang-barang kecil. misalnya ia suka dengan bolu. lalu saat jalan-jalan menemukan hal tersebut dengan sengaja membelikan bolu untuk oleh-oleh.

    Ingat bahwa bahasa cinta setiap orang berbeda. bahkan sebuah pasangan suami istri, ayah anak, bisa memiliki bahasa cinta yang berbeda. suami mungkin senang jika mendapat hadiah sedangkan istrinya senang saat mendapat waktu yang berkualitas. jika suami mencoba mengisi tangki cinta dengan memberikan hadiah karena ia sendiri merasa dicintai bila mendapat kebahagiaan. maka sang istri tidak akan mengerti dengan bahasa cinta ini dan merasa pemberian hadiah itu biasa-biasa saja. karena yang sebenarnya diperlukan istri adalah waktu yang berkualitas. mengerti apa bahasa cinta dari pasangan anda adalah salah satu cara untuk mendapatkan hubungan yang langgeng.

   

Windalfin
Consultant Hypnotist

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review