Sudahkan anda membuat atau mengupdate resolusi anda?

Suara petasan sekali lagi membangunkanku dari tidur, sambil aku mencoba membuka mata yang sudah berat mencoba mengira-ngira apa yang terjadi. Orang tuaku mengetuk pintu kamarku dan memanggilku untuk keluar dan memberikan penghormatan pada leluhur. Barulah aku teringat bahwa sekarang adalah tahun baru China.

Perayaan tahun baru China di Indonesia bisa dikatakan cukup meriah, dihiasi dengan kembang api, acara makan-makan, bertemu dan bersalaman dengan keluarga, dan yang tidak terlupakan adalah berbagai angpao atau kantong merah yang biasanya berisi sejumlah uang. Tidak lupa mengucapkan "qiong hi" juga.

Pada perayaan tahun baru China ini biasanya keluarga keturunan Tiong hoa khususnya, pergi mengunjungi rumah saudara tertua untuk memberi salam, serta mengobrol-ngobrol sejenak. Bercerita tentang apa yang sudah terjadi tahun-tahun ini. Biasanya juga ditambahi dengan bumbu-bumbu gosip sehingga lebih menarik.

Salah satu makna dari tahun baru China adalah perubahan. Pada saat ini orang-orang melihat apa yang telah terjadi di tahun lalu, bagaimana keadaan sekarang, dan hasil seperti apa yang diinginkan di tahun kedepannnya. Bahasa kerennya yah membuat resolusi.

Ada yang ingin meningkatkan kekayaan finansial, ada yang ingin menjadi lebih sehat, ada yang menjadi lebih baik dalam keluarga dan banyak hal lain. Yang pasti apa yang mereka tentukan saat ini akan memiliki efek dimasa depan.

Nah, bila anda belum membuat resolusi tahun baru pas tanggal 1 januari kemarin, ini bisa menjadi saat yang baik untuk membuat resolusi anda. Bila anda sudah membuat resolusi bukankah ini juga menjadi saat yang tepat untuk mengupdate resolusi anda. Akan menjadi seperti apakah anda tahun depan?

Nah bagaimana membuat resolusi ini agar bisa lebih efektif. tanyakan beberapa hal ini dan jawab dengan dengan menuliskannya pada secarik kertas.
  1. Apa yang anda benar-benar inginkan? Gunakan kata-kata positif misalnya saya ingin lebih.......
  2. Apakah hal itu dapat diraih? Apakah dapat dicapai? realistiskah? 
  3. Apa yang akan saya miliki saat saya mendapatkannya? apa tandanya saya sudah berhasil?
  4. Apakah hasil ini dalam kontrol saya? atau faktor hokinya besar? (harus yang faktor hokinya sangat kecil)
  5. Apakah biaya dan pengorbanan untuk hasil ini bisa diterima? masuk akal sehat?
  6. Apakah saya punya sumberdaya untuk mencapai outcome itu? (pikiran, waktu, pemikiran termasuk Sumberdaya)
  7. Bila saya dapat memilikinya sekarang apakah saya akan mengambilnya? Ekologis?

Gunakanlah kertas dan tuliskan dan jawab semua pertanyaan tersebut dalam secarik kertas, simpanlah kertas itu di dompet anda, bawa kemanapun anda pergi, saat sebelum tidur bacalah kertas itu. Terbukti lima menit sebelum tidur kita menjadi sangat sugestif. 

"Orang yang memiliki tujuan sukses karena mereka tahu kemana mereka akan pergi, sesederhana itu." - Earl Nightingale

Bila ada kesalahan kata-kata saya minta maaf, tabik!

Windalfin Culmen
Consultant Hypnotist

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review