Apakah saya kena hipnotis?


Kemarin saya mendapat pertanyaan dari teman saya "Saya ambil sesi dengan seorang hipnotis, lalu saat saya dihipnosis, kok saya merasa masih sadar dan bisa memutuskan apa yang ingin saya katakan, apa yang tidak ingin saya katakan? apakah benar saya sudah terhipnosis?" pertanyaan ini merupakan pertanyaan klasik, banyak sekali orang yang datang ke sesi hypnosis dan keluar bertanya-tanya apakah mereka telah dihypnosis, apakah sesi tersebut berhasil atau gagal, jangan-jangan mereka sudah mengeluarkan uang untuk sebuah 'tipuan' massal.


Banyak orang yang berpikir bahwa saat mereka dihypnosis mereka akan menjadi tidak sadar, bahkan dalam salah satu terapi saya, saya dengan cepat membawa sebuah grup ke keadaan Somnambulism (keadaan hypnosis yang dalam) dan mereka sama sekali tidak menyadari mereka sudah mencapai keadaan tersebut sampai saya memperlihatkan fenomena anesthesia (tidak merasakan sakit) dan fenomena lainnya. Bukankah ini aneh sekali, kita bisa memasuki hypnosis tanpa kita sadari, dan bahkan dengan perasaan bahwa kita masih sadar. Pernahkah anda sedang menonton sesuatu, lalu saat teman anda memanggil anda, tiba-tiba anda terkejut, seakan-akan anda sadar kembali? pertanyaannya apakah saat menonton film tersebut anda sedang tidak sadar atau anda sedang sadar? Anggapan saat terhypnosis kita tidak sadar mungkin saja terjadi karena anggapan orang bahwa Subconscious atau pikiran bawah sadar merupakan pikiran yang berbeda dengan conscious mind atau pikiran sadar kita. Anggapan ini mungkin karena terjemahan Subconscious mind sebagai pikiran BAWAH sadar, sehingga orang beranggapan bahwa saat kita mengakses subconscious mind kita menjadi TIDAK sadar. alasan lainnya mungkin karena kata 'tidur' yang sering digunakan dalam hypnosis, sehingga orang mengira bahwa hypnosis identik dengan tidur.

Allen Carr dalam bukunya, "Easy Way to Stop Smoking" saat ia ingin berhenti merokok, ia dipaksa pergi ke hypnotherapist sambil merasa skeptik dengan hypnosis, diterapi, lalu ia keluar dengan merasa tidak terhipnosis sama sekali, alasannya ia masih bisa berpikir saat dalam sesi terapi dan beberapa minggu kemudian ia terkejut sejak hari itu ia tidak menyentuh sebatang rokok pun. Dan memang itu kenyataannya, saat anda berada dalam keadaan hypnosis, anda dapat berpikir seperti biasa bila anda mau. Saat kita mengalami hypnosis kita bukannya tidak sadar, melainkan bisa sangat sadar dan semakin dalam hypnosis semakin kita bukan semakin tidak sadar, melainkan semakin dalam kita masuk ke keadaan hypnosis, semakin diri kita dapat menerima sugesti yang kita inginkan.

Lalu apa itu hypnosis kalau bukan tidur lalu dicuci otak? Definisi hipnosis menurut Dave Elman dan sekaligus yang telah diakui oleh dunia dan paling banyak dipakai adalah bypass of critical faculty and establishment of selected thinking atau menembus pemikiran kritis dan menciptakan pemikiran yang dipilih. Disana sepertinya ada kata yang kurang..., yak benar, disana tidak ada sedikitpun kata 'relaksasi'. dan betul sekali hypnosis sama sekali tidak ada hubungannya dengan relaksasi, selama terjadi bypass dari pemikiran kritis dan tercipta pemikiran yang terpilih, saat itu anda ada didalam kondisi hypnosis. Saat anda mendengar seorang pendeta, bikkhu, romo, motivator, trainer, guru dan saya (iseng saja) berbicara, dan saat anda menerima apa yang mereka katakan sebagai kenyataan, saat itu mungkin saja anda sudah terhypnosis oleh mereka. gak ada rileks-rileks an atau teriakan kata "tidur".

Karena itu tidak aneh, kalau anda sudah datang ke terapis, dan saat anda diterapi anda tidak merasa terhypnosis sama sekali. Hal ini mungkin terjadi karena tidak adanya convincer atau tes kedalaman yang overt atau terang-terangan. Dalam sebuah sesi terapi biasanya ada yang namanya convincer, apa itu convincer? convincer adalah sebuah teknik yang digunakan untuk memberitahu subjek bahwa ia sedang mengalami sesuatu. Contoh convincer yang paling sering digunakan adalah arm catalepsy, arm levitation, dan eye locking. convincer favorit saya adalah anesthesia. sempat dalam sebuah pelatihan dan terapi grup saya dijuluki tukang cubit, karena saya terlalu sering mencubit tangan orang untuk memperlihatkan bagaimana anesthesia dapat didapatkan dengan begitu mudahnya hanya dalam hitungan detik.

Nah, tentunya anda akan lebih merasa terhypnosis bukan kalau anda tidak dapat membengkokkan tangan anda saat anda dalam terapi, atau anda tidak dapat membuka mata anda saat terapi. mungkin bila anda merasakan itu anda mulai bertanya-tanya "apakah saya sudah terhypnosis, saya tidak tahu, tapi saya tidak bisa mengbengkokkan tangan saya, sesuatu sedang terjadi disini, baik itu hypnosis atau bukan, yang pasti ada sesuatu yang terjadi."

Lalu jawaban bagaimana saya tahu, saya sudah terhypnosis atau belum? Jawabannya, anda sebenarnya mengalami hypnosis setiap kali anda menciptakan sebuah pemikiran baru, dan anda keluar masuk trance setiap hari. Sedangkan dalam ruang terapi, adalah tugas terapis untuk membuat anda merasa terhypnosis. Tidak ada sebuah tanda yang menunjukkan telah terjadinya hypnosis kecuali perubahan yang anda rasakan. Jika anda mengatakan tanda-tanda seperti REM, suhu tubuh menjadi hangat, banyak menelan ludah, bibir terasa kering dan lainya, hal ini merupakan tanda-tanda dari trance, bukan hypnosis.

Saya tidak akan menjelaskan permodelan pikiran di sini karena akan terlalu panjang, sementara sampai di sini dulu ditutup, semoga sharing ini bermanfaat, jika ada pertanyaan, anda boleh tinggalkan pesan di kotak komen di bawah, atau yang kenal saya bisa langsung menghubungi saya.

Terima kasih, maaf bila ada kesalahan kata-kata
Windalfin, SE, CHt, CI




0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review