Penyembuhan Iman (dibedah secara suka-suka oleh saya)

Penyembuhan iman merupakan sebuah fenomena penyembuhan yang luar biasa, banyak sekali orang-orang yang terpukau melihat bagaimana orang-orang yang datang ke sebuah acara kebaktian atau acara pertemuan dengan seorang pemuka agama yang terkenal dapat melakukan penyembuhan terhadap orang-orang yang sakit dari yang ringan seperti sakit perut sampai yang dari orang lumpuh saat itu juga mereka sembuh dari penyakit-penyakit yang mengjangkiti mereka.

Fenomena penyembuhan tersebut membuat banyak orang yang berpikiran kritis bertanya-tanya, bagaimana mungkin dapat terjadi penyembuhan tersebut, apakah benar penyembuhan tersebut terjadi karena ada kuasa seseorang yang tak terlihat? Apakah itu adalah sebuah bentuk hypnosis, ataukah itu adalah sesuatu yang gaib? Mari kita pertama simak baik-baik apa yang dilakukan saat orang melakukan faith healing, kita menggunakan Benny Hinn salah satu orang yang terkenal dengan kemampuannya melakukan faith healing.

Hinn naik ke panggung dengan diiringi sebuah musik yang bersemangat, sambil ia menyanyi dengan lembut mengiringi para penonton untuk ikut bernyanyi:

He touched me, oh, He touched me,
And, oh, the joy that filled my soul!
Something happened and now I know
He touched me, and made me whole. . . .

Setelah itu ia pun mulai menjelaskan bagaimana dulu mukjizat dilakukan dan orang tersembuhkan karenanya, Ia pun melanjutkan dengan menjelaskan bagaimana orang-orang yang sembuh dengan "Sihir". Ada orang yang dikeluarkan iblis dalam hatinya, ada orang yang kanker lalu sembuh, ada yang lumbuh dapat berdiri dan lainnya lagi. Ia menyatakan bahwa kekuatan Tuhan akan menyembuhkan seluruh tubuh.

Lalu ia pun memanggil seseorang yang telah tersembuhkan untuk memberikan testimoni, Orang itu pun maju memberikan testimoni sambil ia memberikan perintah "sembuh!!". Setelah melihat testimoni tersebut lalu ia pun mengundang orang yang ingin disembuhkan untuk maju kedepan. Mereka yang didepan pun lalu di audisi, mereka yang paling antusias yang biasa dipilih.

Hinn sering memanggil orang yang telah sembuh untuk maju ke depan untuk memberikan testimoni, ada orang yang maju kedepan dan lalu melompat-lompat untuk menunjukkan bahwa ia tidak lagi merasakan sakit dikakinya yang baru saja di bedah 3 minggu lalu. Ada orang yang keluar dari depresi yang katanya karena ia dirasuki iblis. Untuk orang-orang yang maju biasanya Hinn akan mengadakan sebuah ritual kecil, memberikan doa atau mungkin menyentuh kepalanya dengan telunjuk dan jempol, biasanya para pemberi testimoni akan jatuh terkulai seperti "tertidur" atau seperti kerasukan atau menangis dengan histeris.


Melihat fenomena yang terjadi diatas kita sekarang akan mengcracking apa yang dilakukan oleh Hinn dengan kacamata teknologi pikiran.

1. maju dengan musik dan menyanyikan sebuah lagu.
- Hinn maju dengan karimastik dan menyanyikan sebuah lagu yang berulang-ulang sehingga menjadi mirip dengan chanting-chanting dalam beberapa agama lainnya. dan ini pun memberikan efek hypnotic layaknya chanting-chanting tersebut. Saat ini orang-orang mungkin telah masuk ke trance karena terfokus pada lagu yang mereka nyanyikan dengan sepenuh hati.

2. memajukan orang untuk memberikan testimoni.
- Orang yang maju memberikan testimoni dipilih sendiri oleh Hinn untuk memberikan kisah sukses mereka, hal ini membentuk ekspektasi dari penonton.

3. Orang-orang yang ingin disembuhkan diminta maju ke panggung.
- mereka yang maju ke panggung adalah orang-orang yang secara voluntary maju kedepan untuk mendapatkan kesembuhan karena percaya bahwa mereka dapat sembuh.

4. Orang-orang melalui audisi dan dipilih.
- Bukankah proses ini sekarang terlihat seperti saat hypnotist panggung memanggil orang ke depan, memberikan mereka sugesti ringan atau susceptibility test seperti mengunci tangan, mengunci mata. lalu mereka yang dapat melakukannya dipilih.

5. Mereka yang lalu merasa sembuh disuruh maju memberi testimoni
- Mereka yang dipanggil adalah mereka yang merasa sembuh, bukan yang benar-benar sembuh, Pemanggilan yang merasa sembuh dan mendengar testimoni mereka. setelah itu

6. Ritual kecil seperti doa atau menumpangkan tangan dikepala mereka yang lalu orang itu seperti jatuh tertidur atau kerasukan atau menangis-nangis.
- Bukankah ini terlihat seperti hypnosis. coba lihat kata-kata diatas dan ganti kata "doa" dengan "memberi sugesti".



Begitulah cracking dari kegiatan penyembuhan iman. lalu apakah ada yang benar-benar sembuh? jawabannya ada! dan bukan hanya psikosomatic, dalam beberapa kasus dan penelitian ditemukan bahwa banyak penyakit yang bukan psikosomatic dapat disembuhkan dari mental. Tentunya hal ini masih belum menjadi pakemnya hypnosis sehingga seorang hypnotist sebaiknya tidak mengatakan bahwa hypnosis dapat menyembuhkan penyakit fisik. Nyatanya memang kadang-kadang terjadi kesembuhan fisik seperti orang tuli menjadi dapat mendengar, orang yang tulangnya bergeser dapat kembali, orang yang buta dapat melihat, orang yang mengalami osteoarthritis dapat sembuh dan masih banyak lagi. kejadian ini adalah fenomena luar biasa dan nyata sayangnya dengan persentase sangat kecil.

Apa yang ditakutkan dalam masalah penyembuhan iman adalah kebanyakan dari mereka bukan tersembuhkan tapi hanya merasa tersembuhkan. Hal ini sangat fatal akibatnya. mereka yang merasa tersembuhkan mungkin akan menolak untuk pergi ke dokter dan mengobati diri mereka ditangan seseorang yang benar-benar terlatih untuk menangani masalah tersebut. Hal ini berbahaya sekali.

Alasan dari artikel ini dibuat adalah untuk menghimbau kepada para orang-orang untuk lebih kritis dalam hal ini. Tidaklah salah untuk percaya pada Tuhan, malah saya sarankan percayai Tuhan dengan segenap jiwa, JANGAN percayai orang yang berbicara atas nama Tuhan.


Salam,
Windalfin

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review