The Art of Memory 1

Ini adalah artikel lama saya silakan dinikmati.

Bayangkan anda menyuruh teman anda mengocok setumpuk kartu remi. lalu anda meminta kembali kartu tersebut dan mempelajarinya selama beberapa menit. dan mampu dengan mudah menyebutkan seluruh kartu tersebut secara berurutan. dan mampu menyebut diurutan keberapa kartu As skop berada. anda akan mampu melakukan hal tersebut setelah membaca lengkap seluruh artikel saya.

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan cara menghafal kartu. teknik ini akan sangat berguna jika kamu adalah seorang pemain bridge, blackjack, domino, atau permainan kartu lainnya. dan tentunya pesulap atau psychic. tentunya teknik yang sama bisa kamu pakai untuk belajar ujian dan mengingat list belanja atau nomor telepon. artikel akan bagi jadi tiga bagian karena pelajaran memang harus dilakukan secara bertahap. pada tahap pertama saya akan menerangkan sebuah teknik menghafal yang kita sebut ''Linking''

sebelum saya menjelaskan tentang linking. mari kita lihat cara mengingat sesuatu secara umum. pada dasarnya teknik mengingat yang secara teknis kita sebut sebagai mnemonic memiliki 2 tahap yaitu visualisasi dan asosiasi. --- kemampuan untuk melihat sebuah gambaran didalam pikiran dan kemampuan mengasosiasikan gambaran tersebut kepada informasi yang kita perlukan. (mungkin terdengar sulit. tapi sebenarnya sederhana). karena image yang kita akan buat itu aneh maka image itu akan secara short term diingat oleh pikiran. dan bila kita mereview image tersebut secara terus-terusan kita akan mampu membuat image tersebut menjadi longterm memory dan sampai saatnya kita tidak memerlukan image lagi untuk menghafal informasi tersebut.

LINKING.

pelajaran pertama dalam mnemonic system ini sangatt mudah.

coba ambil kertas dan pensil. lalu lihatlah list dibawah ini. selama 1 menit. tidak lebih tidak kurang. setelah itu jangan lagi melihat list ini. dan tuliskan objek apa saja yang anda ingat dari list tersebut ke kertas

jangan NYONTEK!!!!

LIST==

Rokok
Tong sampah
Perahu
Jam tangan
Teh botol
Jaket motor
Pisau dapur
Jelly
As sekop
pensil
Surat Izin mengemudi
Handphone
headset
TV
Mouse

LIHAT SELAMA SATU MENIT. LALU TULIS DIKERTAS APA YANG KAMU INGAT. CEK LAGI UNTUK MELIHAT PERFORMA KAMU.

ada 15 item yang saya list diatas. berapa banyak yang kamu ingat? secara rata2 orang mampu mengingat sekitar 60-70%. tapi seandainya kamu cuma bisa mengingat 10%. saya menjamin seandainya kamu mengikuti petunjuk saya. maka kamu akan dapat menghafal semua itu dengan mudah. dan memotong waktu yang diperlukan sampai setengahnya.

kita akan membuat Visual images dari object tersebut dan meng-Link mereka. karena linknya bisa saja lemah. maka sebaiknya kamu membuat image yang ekstrim.

objek pertama adalah rokok. coba tutup mata kamu dan bayangkan ada seseorang yang berdiri dan menggunakan kalung berbentuk rokok raksasa di lehernya. seakan-akan itu adalah dasi. bahkan kamu bisa melihat ada asap keluar dari rokok tersebut. sampe2 yang pake kalung rokok itu batuk2.

sekarang kita akan menglink rokok dengan TONG

menghisap rokok adalah image yang tidak terlalu kuat karena menghisap rokok itu terlalu biasa dan otak kita akan dengan mudah melupakannya. namun menghisap TONG adalah sesuatu yang ekstrim. dan ini akan dengan mudah diingat oleh pikiran. ingat kamu harus benar2 bisa melihatnya dipikiran anda.

lihat dirimu menghisap Tong tersebut. nah sekarang hilangkan itu dari pikiranmu. tenang saja jika kamu melihat itu dalam pikiran. nanti akan dengan mudah kembali.

selanjutnya perahu. kenapa tidak membayangkan kamu melihat tong yang ada layarnya atau apapun yang aneh yang menghubungkan tong dengan perahu.

lalu selanjutnya perahu dengan jam tangan. bayangkan saja jam tangan kamu bukannya ada jam malah ada perahu ombang ambing disana. weuu.... visualisasikan dan hilangkan dari pikiran. lalu lanjutkan dengan link berikutnya.

Link-Link sisanya terserah kamu. dari imajinasi pribadi. yang penting ekstrim dan dramatik. pastikan kamu bisa melihat imagenya sebelum melanjutkan ke link lain.

nah sekarang udah mengerti. coba ulangi tesnya. saat kamu melihat listnya. secara visualisasi hubungkan objek2 tersebut. ingat image pertama adalah seseorang berdiri dengan menggunakan kalung rokok dilehernya. saat 1 menit berlalu. kamu akan dapat menuliskan semua list tersebut. secara berurutan.

Coba sekarang!!!

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review