Beberapa kata yang mungkin menghalangi keberhasilan anda.

Apapun bisnis anda, jika kita hendak memiliki sebuah usaha yang besar tidak dapat dihindarkan lagi bahwa kita harus mampu menjual baik diri kita maupun produk yang kita tawarkan. Dalam penjualan kita berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal. Dalam pendekatan NLP atau Ericksonian Hypnosis, manusia menangkap informasi secara conscious dan unconscious. 

Kemampuan untuk berbicara kepada conscious dan unconscious seseorang akan mempermudah kita untuk meyakinkan orang mengenai bagaimana produk kita dapat berguna untuk mereka dan membuat mereka lebih yakin untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Dalam kehidupan kita terdapat beberapa kata yang saat diubah dapat mengubah banyak hal sekaligus, baik terhadap mental kita maupun dalam menjual diri kita. Kata-kata tersebut adalah

1. Coba (TRY)
Pada dasarnya tidak ada sebuah tahap mencoba. saat kita mencoba kita tidak melakukan. Sadari bahwa segala sesuatu hanya ada lakukan atau tidak lakukan. kita hanya dapat sedang 'membaca tulisan ini' atau sedang 'tidak membaca tulisan ini', kita tidak bisa mencoba membaca tulisan ini. 


Ingatkah ketika seseorang meminta bantuan yang sebenarnya kita enggan lakukan. Apa jawaban yang biasa kita berikan? "Nanti deh, saya COBA lakukan..." Begitu anda mengatakan kata coba, teman anda mungkin saja sudah menangkap idenya bahwa anda belum tentu bisa melakukan tindakan tersebut. 

Sebagai gantinya tukar kata coba dengan "lakukan/tidak lakukan"

2. Tidak Bisa (CAN'T)
Tidak bisa merupakan kata yang membuat kita lemah. Dengan kata tidak bisa membuat kesempatan yang ada didepan seakan-akan telah tertutup. bayangkan apa yang client anda dengar bila anda mengatakan

"Maaf pak, hal tersebut tidak bisa dilakukan"
tentunya terasa bagaimana kecewanya pelanggan tersebut atas kata-kata yang anda ucapkan. Coba bayangkan kembali dan ganti kata-katanya dengan

"Maaf pak, hal tersebut BELUM dapat kami lakukan"
sebuah perbedaan kecil namun kini membuka kesempatan bahwa dikedepannya mungkin hal yang diinginkan dapat terjadi.


3. Tapi, namun dan kata2 lainyang sama fungsinya (BUT)
Kata Tapi adalah sebuah kata yang mengnegasi atau menghilangkan semua efek kata yang ada didepannya. contoh:

"Saya ingin sekali pergi bersama anda, TAPI saya sedang sibuk"

Kata TAPI menghilangkan efek kata "saya ingin sekali pergi bersama anda" sehingga arti dari kalimat diatas menjadi

"saya tidak ingin pergi bersama anda karena saya sedang sibuk"

Sebagai gantinya kita ubah kata TAPI dengan kata DAN.

Penggunaan kata DAN cukup sederhana. Kita cukup mengganti kata 'tapi' dengan 'DAN'. meskipun kadang terkesan tidak natural, itu hanya karena kita tidak terbiasa saja.


"Saya ingin sekali membantu anda, dan anda memberikan permintaan yang sulit dikabulkan"

Bandingkan:

"Hari ini cerah, TAPI nanti akan hujan"

dengan

"Hari ini cerah, DAN nanti akan hujan"

Kalimat pertama menghilangkan efek bahwa hari ini cerah. sedangkan kalimat kedua mempertahankannya dan tidak membuat 'nanti akan hujan' terdengar buruk.


4. Jika, bila (IF)

Kata jika adalah sebuah kata yang menciptakan kondisi, dimana bila suatu kondisi tidak terpenuhi maka hasil yang diinginkan tidak akan tercapai. Masalahnya kata JIKA membuat anda terdengar lemah karena menghilangkan kekuatan atau kontrol yang anda miliki. Saat and mengganti kata JIKA dengan kata SAAT maka secara otomatis anda memiliki kontrol yang lebih kuat karena adanya ekspektasi lebih.

"Jika A terjadi maka, B akan terjadi"

bandingkan dengan

"Saat A terjadi maka B akan terjadi"

Hanya dengan pergantian satu kata, dapat dirasakan perbedaan yang cukup signifikan. dimana pada kalimat pertama seakan-akan A mungkin tidak akan pernah terjadi. sedangkan pada kalimat kedua A memang belum terjadi dan mungkin saja dapat terjadi. 

5. Masalah (problem)

Kata MASALAH adalah kata negatif yang menunjukkan adanya kesulitan untuk mencapai tujuan. Tidak ada orang yang ingin ada dalam masalah. oleh karena itu, gantikan kata MASALAH dengan TANTANGAN, hal ini sangat mempengaruhi pemikiran client. Pada dasarnya tidak ada orang yang menyukai masalah, bayangkan bila client kita mendengar kita mengucapkan kata

"Saya memiliki masalah dengan persetujuan ini."
dan mari kita gantikan dengan

"Saya melihat persetujuan ini dan menemukan beberapa tantangan yang dapat kita selesaikan bersama."

Penggantian kata MASALAH dengan TANTANGAN merubah banyak hal, Tidak ada orang yang menyukai masalah. Namun, banyak yang suka pada tantangan.

6. Semoga, harap, harapan (hope)
Berharap merupakan sebuah intensi akan terjadinya sesuatu dimasa mendatang. Kelemahannya adalah kata berharap memperlihatkan bahwa kita tidak yakin dapat menyelesaikan apa yang kita katakan. Kita dapat mengganti kata HARAP dengan kata YAKIN:

Bandingkan:

"Saya harap saya dapat memproses order tersebut hari ini"
dengan:

"Saya yakin dapat memproses order tersebut hari ini"

Tentunya anda lebih baik menepati kata-kata anda, katakan bisa kalau bisa, katakan tidak bisa kalau tidak bisa. Kebanyakan orang menyukai kepastian daripada ketidakpastian. Untuk itu berikan mereka sesuatu yang bersifat pasti sehingga mereka percaya kepada anda.


Saat anda mengerti maksud dari kata-kata kadang anda bisa melakukan modifikasi sana sini, misalnya dalam penggunaan kata "TAPI" anda bisa menggunakannya seperti:

"Anda mungkin pernah merasa tidak senang dengan kami, TAPI saya setuju dengan pendapat bapak setelah mendengar cerita bapak, kini kami telah menambal kesalahan saat itu, dan menjadi lebih baik."


Mengetahui bagaimana sebuah kata bekerja dalam otak kita dan mengetahui kapan menggunakannya sehingga menciptakan komunikasi yang dapat mempengaruhi orang lain secara conscious dan unconscious maka kita akan........... (silakan isi sendiri titik2nya)

Setelah anda membaca artikel ini saya tidak tahu bagaimana anda akan menggunakan informasi yang ada di artikel ini, entah hanya di pekerjaan atau juga di kehidupan sehari-hari. dan saat menggunakannya dan merasakan manfaatnya dalam menghadapi tantangan dalam hidup anda. tentunya dengan itu kita dapat menjadikan diri kita lebih maju.

Salam mistis! (lagi favorit)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review