Self Hypnosis (Hipnosis diri)

Self-hypnosis dalam bentuk cd akhir-akhir ini cukup ramai beredar di masyarakat. Mulai dari toko buku dan bahkan beberapa toko musik yang saya datangi menjual cd self-hypnosis. Ada yang untuk membantu menghilangkan mental block, atau membantu relaksasi dalam, ada juga beberapa yang berfungsi membantu orang untuk bermeditasi. Yang akan kita bahas kali ini adalah sedikit pemikiran saya mengenai self-hypnosis dan bagaimana mengajarkan atau mempraktekkan self-hypnosis dengan baik. 

Self-hypnosis merupakan sebuah alat terapi yang sangat berguna bagi seorang terapis khususnya saat kita membantu seseorang untuk menghilangkan kebiasaan buruk tertentu. Sebelum kita masuk lebih dalam mari kita bahas sedikit mengenai apa itu self hypnosis? Self-hypnosis atau hipnotis diri seperti namanya berarti sebuah tindakan menghipnotis diri kita sendiri secara sengaja. Terdapat beberapa cara untuk melakukan self-hypnosis. Cara yang paling populer adalah melakukan relaksasi progresif kepada diri anda sendiri atau menggunakan CD. 

Sebagai terapis kita tidak bisa selalu bersama dengan klien kita setiap waktu. Secara normal kita biasanya hanya bertemu dengan klien kita satu minggu sekali, selama satu sesi. Setelah keluar dari kantor kita, klien terekspos dengan jutaan informasi selama tujuh hari sampai ia akhirnya kembali ke kantor kita untuk melanjutkan terapi. Disaat seperti inilah self-hypnosis menjadi berguna, dengan mengajarkan self-hypnosis kita membantu klien untuk terus secara proaktif menguatkan sugesti yang mereka inginkan.

Saya pribadi jarang mengajarkan self-hypnosis yang menggunakan cd atau mp3 untuk klien dengar. Saya menggunakan sebuah pendekatan yang berbeda, alasannya karena mp3 dan cd belum tentu dapat menciptakan kondisi deep pada klien kita. Level terbaik untuk melakukan terapi adalah Somnambulism. Untuk dapat mendapatkan level itu secara sengaja dan pada diri sendiri, kadang menjadi susah. Menggunakan CD memang bisa membantu, sayangnya belum tentu CD dapat mengakomodasi semua orang, karena semua orang berbeda.

Terdapat beberapa cara yang digunakan oleh para terapis IMTI kami, salah satunya adalah dengan menciptakan anchor untuk kedalaman somnambulism dan membiarkan klien mengaksesnya. berikut cara mengajarkannya:
  1. Dapatkan Somnambulism
  2. Buat Anchor Somnambulism (anchor unik dan tidak biasa dilakukan)
  3. Test Anchor (dengan membuat klien melakukannya sendiri.
Dengan mengetahui anchor ini maka klien tinggal menggunakan anchor tersebut untuk melakukan self-hypnosis dengan cara:

  1. Tentukan Sugesti yang mau dimasukkan (sugesti pendek dan berkalimat positif)
  2. Tentukan batas waktu self-hypnosis (Saya akan melakukan self-hypnosis selama..... menit)
  3. Baca sugestinya dalam hati sebanyak 10 kali
  4. Masuk ke Somnambulism dengan anchor
  5. dan biarkan mata tertutup, tanpa perlu memikirkan apapun. termasuk menghitung waktu atau memikirkan sugesti
  6. Buka mata dan lanjutkan aktivitas.
Pengalaman saya saat teknik ini diajarkan pada pelatihan IMTI, dimana semua peserta diajak melakukan teknik anchor somnambulism ini. Lalu saya memberikan beberapa tes somnambulism dengan cepat untuk membuktikan tingkat kedalamannya. Dan hasilnya benar-benar memuaskan teknik ini berhasil memasukkan sebagian besar peserta ke somnambulism.

Pelajari tekniknya, gunakan tekniknya, dan ajarkan tekniknya ke klien anda. Saya akan sangat senang bila anda yang menggunakan teknik ini, membagikan cerita sukses anda dalam menggunakan teknik ini.

Bila ada kesalahan kata-kata, saya minta maaf

Windalfin CH
Consultant Hypnotist

1 comments:

Unknown said...

bpk Windalfin yang terhormat, sya adlh seorng hypnotist amatir yg baru memasuki dunia hipnotis, saya berniat untuk mengikuti pelatihan, namun, dari informasi yg sy dptkan dr surfing di internet, tmpat pelatihannya rata-rata jauh, sedangkan saya berada di kabupaten bondowoso, jawa timur. mhn saran anda....
terimakasih

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review