Induksi mana yang terbaik?

Dalam perjalanan tadi siang, sempat seorang teman bertanya pada saya. Apa sih induksi yang terbaik? Bagi anda yang mengikuti pelatihan saya tentu akan mengenal beberapa induksi. khususnya induksi Dave-Elman, dan Hand Drop Induction. Sedangkan banyak orang yang juga mempelajari Progressive Relaxation, Arm Raising Induction, dan banyak lagi.


Kebanyakan orang menggunakan induksi tanpa mengerti cara kerja Hypnosis secara benar. Sebuah Hypnosis dalam hypnotherapy adalah karena kerja sama 2 pihak yaitu antara terapis dan klien. Sebuah terapi tidak dapat dijalankan bila salah satu pihak menolak untuk bekerja sama. seperti kata Dave Elman bahwa setiap hypnosis adalah Self-hypnosis. Seringnya orang bertanya-tanya apakah induksi yang terbaik, jawabannya adalah saya tidak tahu. Mari kita lihat dulu berbagai teknik yang berbeda.

Pada jaman dulu para hypnotist menggunakan teknik seperti eye fixation. Fungsi dari eye fixation pada jaman tersebut adalah untuk membuat mata klien mereka lelah sehingga akhirnya tertutup. Pada jaman sekarang eye fixation masih sering dipakai di kalangan hypnotist khususnya hypnotist panggung, hal ini mudah terjadi dipanggung karena bantuan pengaturan pencahayaan yang membuat mata lebih cepat lelah. Namun dalam terapi maka teknik induksi ini menjadi tidak efektif. Tentunya sekarang ini kita tahu bahwa untuk membuat orang menutup mata maka yang perlu kita lakukan adalah meminta mereka melakukan hal tersebut.

Progressive Relaxation merupakan salah satu induksi yang sangat populer bahkan sekarang ini. Inti dari progressive relaxation adalah membuat klien merelaxkan tubuh mereka secara keseluruhan secara perlahan. Teknik ini biasa menggunakan sekitar 20 menit sampai 40 menit tergantung preferensi terapis. Teknik ini sering diajarkan pada pelatihan hypnosis karena merupakan teknik yang paling mudah diajarkan. kelemahan dari progressive relaxation adalah kesulitan bagi terapis untuk mengetahui kedalaman dari klien.

Dave-Elman induction adalah teknik induksi yang saya ajarkan dalam pelatihan. Alasan saya memilih teknik induksi ini untuk diajarkan karena Dave-Elman induction memiliki kelebihan yaitu kecepatan untuk mencapai Somnambulism dalam 4 menit, dan memiliki tes didalamnya. Kunci dari Elman induction adalah kecepatan. Kebanyakan orang yang menggunakan induksi elman menjadikannya seperti progressive relaxation sehingga Elman induction berlangsung lebih dari 4 menit. hal ini mengurangi efektivitas dari induksi tersebut. Dave-Elman sendiri menggunakan 1 - 3 menit untuk melakukan induksi tersebut.

Selain beberapa yang saya pos diatas masih banyak lagi induksi yang ada didunia ini. Bisa dikatakan bahwa jumlah induksi didunia ini adalah tidak terbatas. Selama kita mengerti cara kerja hypnosis dan cara kerja induksi maka apapun yang kita lakukan dapat menjadi induksi. Dan induksi yang terbaik adalah tanpa induksi sama sekali. untuk itu tetaplah ingat dengan pendekatan Client-centered Therapy. Jika anda ingin belajar hypnosis dengan baik carilah lembaga yang benar-benar mengajarkan apa inti dari hypnosis, apa inti dari induction, dan yakinlah saat itu anda akan mampu menginduksi siapapun didunia ini tanpa mempedulikan tingkat sugestivitas mereka.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review